Luwu Utara – Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Luwu Utara menjadi sorotan publik.
Beredar keluhan mengenai pelayanan yang dianggap kurang memadai, namun Kepala Disdukcapil, Muh. Kasrum langsung angkat bicara dan menyatakan bahwa semua hanya karena miskomunikasi.
“Terima kasih atas kritik yang diberikan. Saya sudah berkoordinasi dengan tim pelayanan dan mendapati bahwa ini hanya miskomunikasi. Operator kita memang sibuk setiap hari, selain melayani masyarakat juga menangani Pildacil (Pelayanan Data Cilik) yang dikirim dari desa-desa. Jadi, saat terlihat seperti menggunakan HP, sebenarnya mereka sedang bekerja keras,” ungkap Kasrum saat dihubungi awak media, Jumat (8/11/2024).
Lebih lanjut, Kasrum menjelaskan bahwa adanya antrean panjang dan penanganan khusus bagi pengunjung dengan anak-anak turut berperan dalam kesalahpahaman tersebut.
Namun, ia memastikan bahwa setiap kritik adalah bahan evaluasi untuk meningkatkan pelayanan di Disdukcapil.
“Saya sangat berterima kasih atas masukan yang ada. Ini jadi kesempatan bagi saya untuk meninjau ulang pelayanan. Saya juga ingin menegaskan, kami akan segera mengambil langkah konkret demi kenyamanan masyarakat,” tambahnya.
Kasrum, yang saat ini sedang menghadiri rapat koordinasi nasional Dukcapil, menegaskan bahwa ia akan mengawasi langsung setiap peningkatan pelayanan di Disdukcapil Luwu Utara.
“Seluruh tanggung jawab pelayanan ada di pundak saya. Kami akan pastikan bahwa pelayanan Disdukcapil semakin baik ke depannya,” tutupnya.